Inilah Beragam Manfaat Membaca Buku di Tengah Pandemi Virus Corona

Pandemi virus corona saat ini memang sudah menyebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Dan salah satu cara yang dinilai cukup efektif untuk menekan laju penyebaran covid-19 adalah dengan berdiam diri di rumah atau mengisolasi diri di rumah. Mengisolasi diri di rumah yang selama kurang lebih 14 hari tersebut nantinya akan membuat Anda bingung dan bosan untuk melakukan kegiatan yang bisa digunakan untuk menghilangkan penat dan stres.

Stres yang diakibatkan oleh pandemi corona merupakan salah satu kondisi yang cukup memprihatinkan. Tidak hanya itu saja stres yang terjadi pada tubuh nantinya juga akan berdampak dan kondisi tubuh yang semakin melemah dan akhirnya malah akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat dan gampang terkena penyakit. Dan Anda juga wajib tahu bahwasanya virus corona mampu dan sangat rentang untuk menginfeksi siapa saja yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres karena terlalu lama isolasi diri di rumah adalah dengan membaca buku.

Inilah Beragam Manfaat Membaca Buku di Tengah Pandemi Virus Corona

Pemerintah sangat menganjurkan kepada kita seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memantau perkembangan covid-19 di Indonesia. Akan tetapi pada kenyataannya media Indonesia tidak bisa dipercaya dan isinya kebanyakan memang kurang kredibel dan cenderung selalu memberitakan hal-hal yang negatif seputar perkembangan corona. Bahkan salah satu dokter di TV sudah banyak yang menyebutkan bahwa media Indonesia memang terkadang berlebihan dan malah membuat kekacauan dalam masyarakat. Maka dari itu hindari kegiatan untuk membaca berita yang tidak ada manfaatnya dan Anda bisa menggantinya dengan membaca buku yang memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Meningkatkan Daya Konsentrasi
Untuk meningkatkan daya konsentrasi dan daya ingat memang bisa dilakukan dengan olahraga. Akan tetapi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat yakni dengan membaca buku. Membaca buku dipercaya mampu untuk meningkatkan kognitif pada otak. Maka dari itu daya ingat dan konsentrasi kita juga semakin meningkat. Maka dari itu dengan rajin membaca buku maka otak akan terbiasa untuk menstimulasi setiap pola pikir kita dan fokus terhadap satu hal saja.

  • Mengurangi Stres
Tidak hanya bisa untuk meningkatkan daya ingat saja tetapi dengan membaca buku juga dipercaya mampu untuk mengurangi stres. Hal ini sudah sesuai dengan penelitian yang menyebutkan bahwa dengan membaca buku mampu untuk menyumbang kurang lebih 68 persen dan bisa membantu mengurangi stres. Dan menurut beberapa pendapat ahli juga sudah banyak sekali yang menyebutkan bahwa mendengarkan musik dan perjalanan kaki memang mampu untuk menghilangkan stres akan tetapi untuk tingkat keefektifannya masih kalah bila dibandingkan dengan membaca buku.

Sebuah studi bahkan ada yang menyebutkan bahwa dengan membaca buku juga bisa dipercaya mampu untuk memperpanjang usia. Penelitian tersebut dijelaskan bahwa apabila orang rajin membaca buku maka akan memiliki harapan hidup sebesar 23 % atau bisa dikatakan memiliki harapan hidup yang lebih lama bila dibandingkan dengan orang yang tidak membaca buku. Maka dari itu bila dilihat dari beberapa manfaatnya tersebut dapat dijelaskan bahwasanya memang dengan membaca buku dinilai cukup efektif untuk menghilangkan stres selama isolasi diri di rumah di tengah pandemi virus corona yang semakin merebak akhir-akhir ini. Untuk konsultasi lebih lanjut seputar corona Anda bisa menghubungi aplikasi Halodoc.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon