6 Alasan Membeli Mobil Second Lebih Menguntungkan Dibandingkan Mobil Baru

Ketika Anda memutuskan ingin membeli sebuah kendaraan baru, khususnya adalah mobil tentunya ada banyak sekali aspek yang harus dipertimbangkan. Apalagi sekarang ini harga sebuah kendaraan juga tidak bisa dikatakan murah. Bagaimana dengan kondisi keuangan yang dimiliki, pilihan jenis dan masih banyak diantaranya. Karena harga mobil baru yang tergolong mahal, tidak memungkiri jika seandainya sebagian diantara masyarakat lebih prefer untuk membeli mobil second atau bekas.

Di era sekarang ini tuntutan hidup semakin tinggi dan juga cepat, tanpa memiliki kendaraan pribadi membuat Anda tentunya kurang praktis bukan dalam menjalani berbagai macam kegiatan, selain itu juga harus menggunakan sarana transportasi umum yang terbatas waktu dan juga ada biaya yang harus dikeluarkan. Sehingga jika memang keuangan terbatas namun tetap ingin memiliki kendaraan ada beberapa solusi yang ditawarkan. Diantaranya adalah membeli secara kredit atau bekas.

Namun membeli mobil bekas ini jauh lebih dianjurkan, berikut ini diantara alasannya, yaitu:

6 Alasan Membeli Mobil Second Lebih Menguntungkan Dibandingkan Mobil Baru

  1. Harganya jauh lebih murah, dari segi harga sendiri tentunya tidak asing lagi bagi Anda bahwa nilai dari mobil bekas ini jauh lebih murah. Mengingat faktanya setiap tahun harga kendaraan selalu mengalami depresiasi atau penurunan. Sehingga semakin lama atau tua usia dari mobil tersebut, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya harga jualnya juga semakin murah.
  2. Tidak perlu terlilit hutang, dengan membeli kendaraan baru, namun menggunakan sistem kredit agar pembayaran lebih ringan, sebenarnya Anda hanya akan menambah beban hidup dengan hutang cicilan tersebut. Namun berbeda ceritanya jika seandainya Anda membeli mobil bekas secara tunai, bebas dari lilitan hutang dan kewajiban membayar cicilan kendaraan tersebut setiap bulannya.
  3. Uang dapat diputar untuk kebutuhan lain yang lebih menghasilkan, meskipun ada beberapa orang yang memiliki keuangan cukup untuk membeli kendaraan baru secara tunai, namun mereka memilih membeli bekas, sehingga masih ada sisa keuangan yang nantinya dapat diputar untuk kebutuhan lain yang sifatnya lebih menghasilkan, misalnya saja adalah modal bisnis.
  4. Depresiasi harga atau tingkat penurunan harga tidak akan terlalu signifikan, khususnya ketika nanti Anda ingin menjual dan membeli produk kendaraan yang baru. harga jualnya tidak akan turun terlalu tinggi, seperti ketika Anda membeli mobil baru kemudian menjualnya kembali. Sehingga paling tidak tingkat kerugiannya juga cukup kecil.
  5. Kualitasnya juga tidak berbeda jauh dibandingkan dengan mobil baru, kunci dari membeli mobil bekas ini sebenarnya adalah pintar-pintar di dalam memilih. Karena jika seandainya konsumen cerdas di dalam menjatuhkan pilihan, sudah pasti tak hanya harga yang lebih murah saja yang didapatkan, melainkan juga kualitas yang masih bagus, tidak kalah jika dibandingkan dengan mobil yang masih baru.
  6. Lebih mudah dan juga cepat prosesnya, tidak perlu terlalu ribet mengurus berbagai macam dokumen, karena memang BPKB dan juga STNK sudah ada, begitu juga kendaraan bekas nantinya juga tidak perlu lagi menjalani tahapan yaitu inreyen, langsung bisa Anda pakai untuk berkendara, jadi lebih praktis bukan.


Setidaknya itulah 6 alasan mengapa membeli mobil second jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli mobil baru. Hanya saja semuanya kembali lagi kepada selera konsumsi dan kondisi keuangan mereka. Jika memang ingin produk yang masih baru dan juga kekinian, tentunya membeli yang masih baru lebih dianjurkan dibandingkan dengan membeli mobil bekas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon