5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa

Mahasiswa bisa menghasilkan uang tambahan untuk menambah uang saku. Tentunya dengan uang tambahan, mahasiswa bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus meminta orang tua. Salah satu cara untuk menambah uang saku adalah dengan membuka usaha sampingan. Peluang usaha ini sangat besar bila dilakukan secara tekun. Lagipula dapat mahasiswa kerja online untuk menjalankannya.

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa

Akan tetapi anda sebagai mahasiswa harus mempersiapkan agar usaha bisa berjalan lancar dan memberikan keuntungan. Berikut ini 5 hal yang harus disiapkan sebelum usaha sampingan bagi mahasiswa adalah:

Persiapan Usaha Sampingan Mahasiswa

1. Sebelum memulai berusaha, membuat proposal terlebih dahulu

Ide adalah suatu komponen penting yang mendasari suatu usaha. Akan tetapi idenya tidak berhenti saja, melainkan juga membuat ide tentang langkah-langkah dalam menjalankan usaha ke depannya. Mulailah dengan mencari ide usaha berdasarkan hal-hal yang kamu sukai dan kamu mengerti tentang dunia tersebut. Lalu ubahlah dari apa yang kamu sukai menjadi sesuatu yang menghasilkan uang.

Selanjutnya kamu bisa membuat rencana usaha untuk kedepannya. Rencana usaha tersebut meliputi tujuan, anggaran yang kamu punya, target pasar yang diinginkan. Hal ini untuk mempermudah kamu dalam menjalankan usaha.

2. Mencari guru terbaik yang bisa jadi mentor

Menjalankan usaha saat mahasiswa pasti membuat kamu kebingungan. Terutama dalam menentukan target pasar, patokan harga, dan lain-lain. Akan tetapi sebagai mahasiswa, kamu tidak perlu gundah. Kamu bisa mencari seseorang mentor yang bisa membantumu mengenai hal ini.

Kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan dosen, kakak tingkat, dan teman. Intinya carilah seseorang yang mampu mendorong kreativitas kamu dalam mengembangkan usaha. Manfaatkanlah relasi yang kamu punya untuk mencari guru terbaik alias mentor.

3. Mengikuti seminar kewirausahaan

Masa perkuliahan adalah masa yang tepat untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita. Soalnya kamu bisa mendapatkan keterampilan apapun di perkuliahan. Jika kamu mulai tertarik dengan usaha dan bisnis, kamu bisa bergabung ke perkumpulan wirausaha di sekitar kampus. Atau bisa juga dengan datang mengikuti seminar kewirausahaan.

Seminar kewirausahaan paling sering digelar dibandingkan seminar lainnya. Dari seminar, kamu bisa mempelajari apapun terkait bisnis dari para ahli dengan waktu yang singkat. Kamu bisa mengambil kelas seminar kewirausahaan saat weekend. Hal ini agar tidak mengganggu jam kuliahmu. Dari seminar kewirausahaan kamu akan mendapatkan materi lengkap. Adapun manajemen keuangan, keterampilan komunikasi, riset pasar, tips dan triks sukes berusaha, dan lain-lain.

4. Melakukan magang

Magang di perusahaan skala kecil hingga sedang akan menambah pengalaman kamu dalam mengelola sebuah usaha. Pilihlah magang di tempat usaha yang mirip dengan bisnismu. Tentunya pemahaman akan berbisnismu akan bertambah setelah melakukan magang.

Kamu bisa menyerap tentang ilmu keorganisasian, cara melakukan penjualan yang baik, dan manajemen bisnis lainnya. Pengalaman magang akan sangat berharga terutama bagi kamu yang tidak ada darah wirausaha. 

5. Media sosial sebagai media marketing yang potensial

Tidak bisa dipungkiri memang media sosial mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap suatu hal. Sebagai contohnya adalah sebagai media marketing yang potensial. Dikatakan potensial, karena melalui media sosial tanpa biaya promosi, bisnis yang kita jalankan akan dikenal oleh pasar. Intinya sambil berselancar di akun sosial mediamu, kamu bisa sekalian menawarkan produk yang kamu punya.

Selain itu jangkauan pasar jika dikembangkan melalui sosial media maka akan lebih luas daripada hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Karena seluruh orang dimanapun lokasinya asalkan memiliki akses internet maka akan menjadi target pasar dari bisnis/ usaha yang kamu kembangkan. Hal ini sudah sepatutnya dilakukan, karena semua orang sekarang memiliki gadget yang tersambung internet.

Baca Juga : Penemuan Unik Cara Menanam Sayur di Dalam Rumah

Nah selain kelima tips diatas, ada satu sikap yang harus kamu miliki sebelum memulai suatu peluang usaha. Sikap tersebut adalah sikap selalu bersikap positif. Agar usaha kamu berjalan sukses, kamu harus mampu bersikap positif memandang suatu hal. Untuk mengembangkan sikap positif di diri kita, kita bisa membaca kisah inspiratif yang membangkit semangat di diri kita.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon